Majestic Mellaca




Lagi di Malaysia rasanya kurang pas kalau belum ke Melaka yang merupakan salah satu provinsi di Malaysia yang dinobatkan oleh UNESCO sebagai Kota Warisan Dunia (World Heritage).  Untuk menuju Melaka dari Kuala Lumpur (KL) memakan waktu 2 samapi 2.5 jam tergantung kondisi  traffic saat itu. Nah, dari KL bisa dimulai dari naik KTM ke Terminal Bersepadu Selatan (TBS) semacam commuter line kalau di Jakarta KL Sentral-TBS engga sampai Rm3 dan bisa di beli di konter atau mesin di sebelah konter penjualan tiket KTM. Nah,
sesampainya di TBS yang penampakannya beda banget kaya terminal kalideres karena bersih banget dan keliatan banget kalau mereka bener-bener memikirkan kenyamanan dan kemudahan buat pax. Kalau sudah sampai di Hall TBS berderet dengan rapi loket-loket penjualan tiket dan untuk yang mau ke Melaka bisa di dapat di loket 1-14 dengan harga Rm 10 aja. Ohia jangan lupa passport untuk selalu dibawa yak arena engga jarang petugas loket akan menanyakan passport kita saat mau beli tiket.
Tiket sudah ditangan tinggal turun ke bawah untuk ke boarding Hall menuju gate yang tertera di tiket kita. Pertama kali naik bus di Malaysia pasti ngerasa banget perbedaannya karena seat disana buka 2-3 tapi 1-2 jadi kebayang dong enaknya kursi bus disana apalagi untuk perjalanan jauh.  Pemandangan jalan tol di Malaysia kurang lebih sama dan monoton, perkebunan pohon sawit sejauh mata memandang jadi lebih baik tidur aja selama di bus untuk recharge energy  jadi nanti kondisi badan bisa fit untuk explore keliling2 kota. Kalau udah exit tol baru deh bangun dan nyenderin kepala di jendela bus sambil menikmati pemandangan kota Melaka yaaa walaupun Cuma rumah dan ruko tapi disitu yang gue suka too see how the local lives, engga beda jauh dari kota pinggirian di Indonesia di Melaka engga banyak gedung-gedung pencakar langit kecuali mungkin hotel2 berbintang di pusat wisatanya.
Kalau sudah sampai di Melaka kita bakal di turunin di Melaka sentral yang mirip2 kaya KL Sentral. Sama seperti KL disini sistem transportasinya udh oke banget yaitu pakai bus dalam kota yang biayanya Rm 1-2, saat di terminal Melaka sentral kalian bisa keliling2 terminalnya dan liat2 toko2 disana atau sekedar ganjel perut karna dari Mcd, Subway atau kedai makanan melayu atau india pun ada. Kalau sudah di Melaka sentral rata2 tujuan utamanya pasti jonker walk karena memang itu yang paling popular disana buat cekrek2 ambil foto. Untuk ke jonker walk setelah turun dari bus kita bakalan ketemu McD nah kalian masuk ke jalan kecil lurus aja ikutin jalan kecil itu dan kalian udah di area bus dalam kota nah bus dalam kota disana warna merah jadi gampang buat spotnya. Kalau udah di area bus dalam kota kalian tinggal cari bus nomor 17 untuk ke jonker walk atau bangunan merah kalau yang tertera di plang nomor 17 gampang banget karena disana udah ada plang nomor dan kemana2 aja itu bus. Nah kalau udah di bus ini jangan tidur ya tapi nikmatin pemandangan dalam kota atau sekedar liatin backpacker2 kece yang minta dibantuin bawa tasnya haha.
Akhir februari kemarin adalah kedua kalinya gue ke Melaka jadi udah engga asing lagi. Cuma waktu tahun lalu kesana gue pernah di bus menuju jonker walk disamperin ibu2 lokal sana berparas Chinese jadi gue seneng aja pas dia kayangajak ngomong itung2 ngelatih mandarin gue tapi ternyata ibu2 itu mau minta uang jadinya selama perjalanan menuju jonker walk gue bilang aja engga ngerti dia ngomong apa dan karna waktu itu pertama kali ke luar negri sendiri gue sempet takut pas dia ngeluarin hp gue udah mikir aja scenario dia ngehubungin temen2nya ada pelancong cewe sendiri yang bisa jadi santapan empuk duh maklum namanya traveler newbie jadi masih mikir kemungkinan yang aneh2. Untungnya ibu itu turun duluan dan ga lama supir teriak jonker walk tandanya kita sudah sampai.
Turun dari bus langsung mata diisuguhi gedung tua dan gereja peninggalan portugis yang bercat merah dan turis2 berserakan untuk ambil foto atau sekedar beli oleh2 karena di sebelah gereja banyak berderet pedagang2 untuk yang mau beli oleh2. Nah untuk ke jonker walk kalian tingggal nyebrang aja setelah turun dari bus.  Di jonker walk kalian bisa keliling2 disana ada museum dan kuil2 atau sekedar foto2 karena banyak spot foto disana, yang gue suka ruko2 di jonker walk bukan hanya sekedar ruko tapi bergaya china kuno gitu kalau gue bilang disana kaya perkampungan cina karna emang ia kali ya. Dan kejadulan dari gedung disana yang bikin tempat ini unik. Oh ia kalau kalian engga kuat panas kalau bisa bawa paying atau sunglasses ya tpi kalau yang suka panas2an engga masalah banget buat keliling2 jonker walk.




0 comments:

Post a Comment

 

Translate

QUOTE OF THE DAY

Do not lose hope, nor be sad. 3:139

About

Hello! and Welcome to my Blog!. i am so glad you find your way to my Blog :) I am Uni Bayyinah,i am a twenty-something based in Indonesia who loves (almost) everything the world has offer. I found myself at a crossroads where I had to figure out what I wanted to do with my life.So, Okay. You know a bit about me, friends?